fallback-image

Vaksinasi dan Prokes jadi Jalan Cegah Virus Korona Varian Mu

JawaPos. com – Munculnya virus Korona varian Mu atau B. 1. 621 harus diantisipasi agar tidak meluas. Pemerintah telah meminta masyarakat biar selalu patuh dan peraturan pada protokol kesehatan meski kasus Covid-19 terus menyusut setiap harinya.

Selain itu, pemerintah serupa mengimbau agar masyarakat lekas melakukan vaksinasi untuk menguatkan antibodi tubuh dan tidak boleh lengah di era PPKM bertingkat.

Varian Mu dikhawatirkan sebab menurut riset awal World Health Organization (WHO), varian ini diduga kebal kepada vaksin. Oleh sebab itu, WHO mengkategorikan varian tersebut sebagai varian yang diwaspadai atau variant of Interest (VoI) sehingga menjadi menghiraukan khusus.

Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Bijaksana mengatakan, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah Covid-19 varian Mu. Dicky mengungkapkan disiplin adat kesehatan, vaksinasi serta penerapan tracing, testing, dan treatment (3T) tetap menjadi solusi efektif untuk mencegah penularan Covid-19 varian baru ini.

Tak hanya itu, protokol kesehatan yang diterapkan benar-benar harus 5M, yakni memakai masker, membasuh tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga langkah, menjauhi kerumunan, dan menetapkan mobilitas dan interaksi.

“Sebetulnya reaksi, respons, atau strateginya tetap serupa, yaitu 3T, 5M, serta vaksinasi, ” kata Dicky dalam keterangannya, Selasa (28/9).

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Walau No 1 Dunia Tumbang, Jepang ke Final secara Sikat Malaysia 3-1

fallback-image

Liriknya Dijadikan Lawakan, Pencipta Lagu Harta Berharga Geram

fallback-image

Jalani Operasi Bentall, Chef Haryo dan Istri Baca Ciri Nabi Ayub

fallback-image

Varian Covid-19 Masih jadi Gertakan, 3 Prokes Ini Wajib Dipatuhi