Sri Mulyani Ungkap Sumber Perbaikan Ekonomi Kuartal III

Sri Mulyani Ungkap Sumber Perbaikan Ekonomi Kuartal III

JawaPos. com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, perekonomian nasional sudah menujukan tanda-tanda perbaikan pada kuartal III tahun ini, setelah sebelumnya terkontraksi pada kuartal II had minus 5, 32 persen.   Perbaikan tersebut didorong oleh percepatan realisasi belanja negara dan dari stimulus fiskal pemerintah.

“Perbaikan secara berangsur didorong sebab APBN dan perbaikan dari sisi ekspor, ” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10).

Sri Mulyani menjelajahkan, perbaikan perekonomian disebabkan oleh peresapan belanja pemerintah pada triwulan ke-III yang meningkat sangat signifikan, terutama untuk bantuan sosial dan dukungan kepada usaha terutama usaha mikro kecil dan menengah.

“Hal ini dilakukan di dalam keseluruhan pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional, ” tuturnya.

Sri Mulyani menjelaskan, langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam jalan perbaikan ekonomi, hal yang utama yaitu melalui instrumen APBN, biar dapat mengurangi kontraksi yang di pada konsumsi rumah tangga.

“Langkah-langkah pelaksanaan program ekonomi pemulihan ekonomi nasional ini kita melihat konsumsi rumah tangga sudah mulai menunjukkan perbaikan, ” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, kinerja ekspor juga menunjukkan pemeriksaan terutama pada beberapa komoditas yang ditopang dengan berlanjutnya permintaan ijmal terutama yang berasal dari Amerika Serikat dan Tiongkok.

“Seperti besi dan baja bubur kertas dan waste paper, serta tekstil dan produk tekstil, ” tutupnya.

Saksikan video mengakui berikut ini:

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Tekan Risiko Banjir Jakarta, PUPR Bangun Stasiun Pompa Ancol Sentiong

fallback-image

Geledah Rumah Azis Syamsuddin, KPK Kembali Amankan Sejumlah Tanda

fallback-image

Gagal Penuhi Suplai Oksigen Pasien Korona, Pejabat India Bakal Dihukum

fallback-image

Pertukaran Blok Rokan, Legislator Riau Soroti Pasokan Listrik