fallback-image

SpaceX Luncurkan Misi Pertama Sungguh Angkasa Astronot Amatir

JawaPos. com – Tidak perlu jadi astronot terlatih untuk bisa menjelajah sungguh angkasa. SpaceX bisa memberikan kesempatan tersebut. Yaitu, mengitari orbit bumi. Bukan hanya beberapa menit, melainkan semasa beberapa hari. Misi pertama ’’wisata” luar angkasa oleh awak yang semua warga sipil itu digelar Rabu (15/9).

Motor luar angkasa SpaceX Falcon 9 meluncur dari Kennedy Space Center, Florida, memukul 20. 02 waktu setempat. Sekitar 12 menit lalu, kapsul Dragon yang mendatangkan empat astronot amatir itu terpisah dari roket serta memasuki orbit. Mereka hendak mengelilingi bumi selama tiga hari. Mereka terbang pada lintasan dengan ketinggian 575 kilometer.

4 orang beruntung di dalam kapsul tersebut adalah Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski, dan Sian Proctor. Misi penerbangan itu dinamai Inspiration4. Mereka berempat melaksanakan pelatihan intensif di SpaceX selama enam bulan pra akhirnya terbang ke luar angkasa. Nanti mereka datang di perairan Florida. SpaceX sudah beberapa kali melakukan pendaratan di lautan.

Misi kali itu dibiayai Isaacman. Miliarder itu mendapatkan pundi-pundi kekayaan dibanding sistem untuk memproses pembayaran kartu kredit yang dikembangkannya sejak remaja. Tiga karakter lainnya adalah mereka dengan memberikan Isaacman inspirasi. Arceneaux adalah penyintas kanker saat masih anak-anak.

Perempuan 29 tahun tersebut kini bekerja sebagai asisten dokter di tempat dirawat dulu, St Jude Children’s Research Hospital di Memphis, Tennessee. Isaacman beriktikad mendonasikan USD 100 juta (Rp 1, 4 triliun) dari kantongnya sendiri untuk rumah sakit tersebut. Menggunakan misi Aspiration4, dia memerosokkan agar orang lain serupa bisa menyumbang dengan total yang sama dengan donasinya.

Proctor merupakan pakar geologi dan menimba komunikator. Dia sebenarnya dekat menjadi astronot NASA pada 2009, tetapi gagal pada babak seleksi final. Proctor memenangkan kursinya karena perannya sebagai seniman.

Dia berencana untuk melukis sambil melihat ke luar jendela kapsul Dragon. Sembroski di lain pihak menang melalui undian terhadap orang-orang yang menyumbang di St Jude Children’s Research Hospital.

Dia merupakan veteran angkatan udara AS yang bekerja sebagai insinyur data kedirgantaraan.

’’Beberapa orang (sipil) telah pergi sebelumnya (ke sungguh angkasa) dan akan tersedia banyak lagi yang menyusul, ’’ terang Isaacman sesuai dikutip Agence France-Presse terkait dengan perjalanan wisatanya.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Walau No 1 Dunia Tumbang, Jepang ke Final secara Sikat Malaysia 3-1

fallback-image

Liriknya Dijadikan Lawakan, Pencipta Lagu Harta Berharga Geram

fallback-image

Jalani Operasi Bentall, Chef Haryo dan Istri Baca Ciri Nabi Ayub

fallback-image

Varian Covid-19 Masih jadi Gertakan, 3 Prokes Ini Wajib Dipatuhi