fallback-image

Simpanan Oksigen di India Menipis, Keluarga Pasien Covid Cari via Internet

JawaPos. com – Suara dr Gautam Singh tercekat membekukan tangis. Dalam video yang diunggah di akun Twitter-nya, Singh meminta bantuan oksigen. Stok oksigen di tempatnya bekerja, Rumah Sakit (RS) Shri Ram Singh, hanya tinggal dua jam saja.

Singh serta timnya sudah menghubungi kurang RS lain, tapi tak ada hasil. Sama kaya mayoritas penduduk India yang putus asa, dia berniat bisa mendapat bantuan melalui dunia maya.

”Tolong kirim oksigen ke kami. Pasien kami megap-megap, ” ujar dokter spesialis jantung berusia 42 tahun itu seperti dikutip Associated Press.

Para-para dokter dan keluarga penderita tidak bisa lagi berniat kepada pemerintah. Dengan angka penularan harian yang menanggulangi rekor tertinggi global selama lima hari berturut-turut, penanganan pasien nyaris kolaps. Noda oksigen, kamar, dan obat terjadi di berbagai penjuru India. Yang terparah berlaku di wilayah ibu praja, yakni Delhi.

Keluarga pasien kini tak hanya harus antre dalam lokasi. Tapi juga memeriksa berbagai media sosial yang memberikan informasi ketersediaan obat, kamar pasien, maupun oksigen. Prinsipnya, siapa cepat tempat dapat. Layanan informasi dalam berbagai RS kini giat dengan telepon yang tetap berdering menanyakan ketersediaan dunia.

Kalau toh kamar ada, kadang oksigennya tidak ada sehingga bakal sia-sia jika pasien berat dibawa ke sana. Butuh waktu berjam-jam untuk mendapatkan kepastian, padahal pasien tak punya banyak waktu buat bertahan.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Walau No 1 Dunia Tumbang, Jepang ke Final secara Sikat Malaysia 3-1

fallback-image

Liriknya Dijadikan Lawakan, Pencipta Lagu Harta Berharga Geram

fallback-image

Jalani Operasi Bentall, Chef Haryo dan Istri Baca Ciri Nabi Ayub

fallback-image

Varian Covid-19 Masih jadi Gertakan, 3 Prokes Ini Wajib Dipatuhi