Pranata Pemenangan Machfud Arifin Laporkan 3 Pelanggaran ke Bawaslu

Pranata Pemenangan Machfud Arifin Laporkan 3 Pelanggaran ke Bawaslu

JawaPos. com –Gus Amik melaporkan dugaan pelanggaran pasangan calon Eri Cahyadi dan Armuji. Pemimpin Badan Pemenangan Pasangan Calon Pemangku Kota Dan Wakil Wali Tanah air Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman, itu menyatakan, terdapat tiga dugaan pelanggaran dengan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Jumat (20/11).

”Pertama adalah permakanan yang menggunakan anggaran APBD Pemkot. Kami menemukan fakta bahwa di pada kotak permakanan diselipkan gambar ataupun foto paslon nomor 1, ” ujar Gus Amik.

Kemudian, pemasangan penerangan jalan ijmal (PJU). Diduga terdapat hubungan antara pemkot dengan paslon nomor 1. ”Kita semua tahu bahwa pemasangan PJU difasilitasi pemkot. Tapi kami menemukan fakta iming-iming pemasangan ini dimanfaatkan paslon no 1 bergabung dengan warga setempat dengan kontrak tertentu. Kami mengantongi bukti chat . Dokumen memotret dan saksi juga ada, ” papar Gus Amik.

Dugaan pelanggaran terakhir adalah rancangan kegiatan Surabaya Berenerji. Kegiatan yang dilakukan bersama UMKM se-Surabaya itu disinyalir merupakan agenda kampanye tersembunyi.

”Sebelumnya, sudah ada beberapa pihak yang melaporkan telaahan pelanggaran. Namun tidak ada pengerjaan. Kami laporkan lagi untuk ditindaklanjuti dengan bukti serta saksi yang ikut zoom , ” terang Gus Amik.

Dia berharap Bawaslu cocok dengan mekanisme bisa menindaklanjuti pemberitahuan.   Ketika ditanya mengapa sedang melaporkan ke Bawaslu meski tak ada hasil konkret, Gus Amik menajwab bahwa dia masih membenarkan pada aparat.

”Mungkin ada mekanisme yang harus dikerjakan mereka. Karena melibatkan ASN, setelah dari Bawaslu kami akan memberikan ke Kemendagri dan komisi ASN, ” ujar Gus Amik.

Sementara itu, Usman, koordinator Divisi Pelanggaran Bawaslu mengatakan, informasi telah diterima dan masih akan melihat kemungkinan kekurangan berkas. ”Kalau ada yang kurang, kami berharap terlapor dapat memenuhi kelengkapan susunan. Kewajiban kami untuk memproses keterangan dari siapapun. Karena peserta pemilu, warga dan pemantau bisa memberikan laporan dengan bukti yang dilampirkan, ” ujar Usman.

Saksikan video menarik beserta ini:

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Walau No 1 Dunia Tumbang, Jepang ke Final secara Sikat Malaysia 3-1

fallback-image

Liriknya Dijadikan Lawakan, Pencipta Lagu Harta Berharga Geram

fallback-image

Jalani Operasi Bentall, Chef Haryo dan Istri Baca Ciri Nabi Ayub

fallback-image

Varian Covid-19 Masih jadi Gertakan, 3 Prokes Ini Wajib Dipatuhi