PKB Bantah Pisah Koalisi dengan PDIP di Pilgub Sumbar karena Puan

PKB Bantah Pisah Koalisi dengan PDIP di Pilgub Sumbar karena Puan

JawaPos. com – Wakil Ketua Ijmal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid menegaskan berpisahnya koalisi dengan PDIP di Pilgub Sumatera Barat bukan karena efek dari sebutan Puan Maharani. Seperti diketahui, ucapan Puan membuat gaduh karena dinilai menyinggung masyarakat Minang.

PKB yang sebelumnya berkoalisi secara PDIP mengusung Mulyadi-Ali Mukhni. Namun berubah dan akhirnya mendukung Fakhrizal-Genius Umar‎.

“Bukan (bukan karena efek Puan Maharani), ” ujar Jazilul kepada JawaPos. com, Sabtu (5/9).

Pemangku Ketua MPR tersebut menegaskan, berubahnya dukungan PKB karena kader tahu pasangan Fakhrizal-Genius Umar dinilai bisa membawa perubahan bagi masyarakat Sumatera Barat. “‎Itu karena dinamika keinginan yang berkembang di Sumatera Barat, Pak Fakhrizal dianggap bisa mendatangkan perubahan di Sumatera Barat, ” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Satu juga menegaskan berubahnya dukungan PKB tersebut bukan karena Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang telah menyinggung perasaan masyarakat Sumatera Barat.

“Jadi memang tak ada hubungannya dukungan PKB tersebut, ” ungkapnya.

Seperti diketahui, PKB berubah haluan dengan mengusung Fakhrizal-Genius Umar. Dengan serupa itu pasangan tersebut sudah mengantongi pertolongan tiga partai politik. Di antaranya Golkar, Nasdem dan PKB.

Koalisi ini juga menyatukan kursi sebanyak 14 kursi. Berarti sudah terpenuhi syarat pencalonan pada mengusung pasangan di Pilgub Sumatera Barat. Syarat pencalonan diketahui merupakan mengumpulkan minimal 13 kursi.

Sementara itu, pasangan Mulyadi-Ali Mu‎khni juga sudah mengembalikan surat keputusan (SK) PDIP terkait dukungan pencalonannya tersebut. Sehingga pasangan itu mengantongi dukungan dari Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan total 20 kursi.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Tekan Risiko Banjir Jakarta, PUPR Bangun Stasiun Pompa Ancol Sentiong

fallback-image

Geledah Rumah Azis Syamsuddin, KPK Kembali Amankan Sejumlah Tanda

fallback-image

Gagal Penuhi Suplai Oksigen Pasien Korona, Pejabat India Bakal Dihukum

fallback-image

Pertukaran Blok Rokan, Legislator Riau Soroti Pasokan Listrik