Menko PMK: Jangan Lakukan Pendekatan Penyadaran Secara Paksa

Menko PMK: Jangan Lakukan Pendekatan Penyadaran Secara Paksa

JawaPos. com – Efektivitas penerapan protokol kesehatan akan lebih optimal jika diimbangi dengan cara sosialisasi dan edukasi. Hal itu harus dilakukan secara berkesinambungan jadi masyarakat akan patuh dan menjadikan protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru.

Realisasi penerapan adat kesehatan 3M, yaitu wajib mengindahkan masker, wajib mencuci tangan & wajib menjaga jarak juga era ini semakin baik diterapkan oleh masyarakat.

Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun mengatakan, masyarakat Indonesia cenderung lebih mudah menerima penghampiran secara kultural, yakni melalui penyadaran yang berkelanjutan.

“Seperti dalam teori pengadopsi baru, klub ini harus diingatkan terus. Pendekatannya juga akan lebih efektif melalui penyadaran dengan memberikan edukasi, himbauan, nasehat, itu yang harus dikedepankan, ” ujarnya.

Sebab, kata Muhadjir, masyarakat juga tidak bisa diberikan pendekatan penyadaran secara paksa. Alih-alih membuat masyarakat ingat menjalankan protokol kesehatan, sebaliknya malah justru akan menolak jika dipaksa terus-menerus.

Oleh sebab itu, menurutnya, pemerintah terutama para-para pejabat publik dan tokoh asosiasi harus memberikan contoh yang sanggup diikuti oleh khalayak. Di samping itu juga perlu dibarengi gerak laku nyata seperti membagi-bagikan masker gratis.

“Jadi sebenarnya kalau ada daerah yang memberikan sanksi itu boleh-boleh saja. Namun yang paling efektif, saya kira tetap kita harus terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga menjelma bagian dari kehidupan kita atau yang istilahnya disebut new wajar, ” pungkas Muhadjir.

Salah satu sosok penting dengan berpengaruh adalah ibu, di mana mereka selalu mengajak kita untuk terus menerapkan protokol kesehatan 3M, kapanpun dan di manapun. Tanpa sampai orang terdekat kita menjadi korban dari Covid-19 akibat taksir dari protokol kesehatan.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Persipura Jayapura Datangkan Elisa Basna

fallback-image

Panas Imaji Bantu Promosikan UMKM Indonesia dengan Cara Baru

fallback-image

Perbandingan Kasus Covid-19 di Surabaya Raya Terkini

fallback-image

Traveloka Gandeng Sahabat Pulau Nusantara Tanam 10. 000 Bakau