Mendagri Dorong Daerah yang Rawan Karhutla Bisa Gunakan Dana Desa

Mendagri Dorong Daerah yang Rawan Karhutla Bisa Gunakan Dana Desa

JawaPos. com – Menteri Di dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membakar daerah yang memiliki potensi ataupun kerawanan kebakaran hutan untuk sanggup menggunakan dana desa. Hal itu tidak lain agar terbebas sejak bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dari biaya desa, saran di desa yang di daerah Sumatera bagian Timur kemudian Kalimantan yang kita identifikasi rawan terbakar, kita dorong untuk memanfaatkan dana desanya dalam wujud membuat desa mandiri bebas karhutla, ” kata Tito dalam keterangannya, Kamis (2/7).

Mantan Kapolri ini pun mengharapkan, Kementerian maupun lembaga yang berkompeten kepada penanganan karhutla, khususnya Kementerian Pertanian, LHK bisa mengalokasikan anggarannya untuk membantu masyarakat membuka lahan minus membakar.

Selain tersebut, kerja sama dengan pihak preman juga bisa untuk mencegah daya karhutla. Menurutnya, banyak perusahaan luhur yang ingin berkontribusi untuk menyekat karhutla.

“Melalui preman, banyak perusahaan besar yang mau berkontribusi dan yang terganggu secara adanya kebakaran, ” ucap Tito.

Tito pun menyuarakan, potensi pos anggaran lain bisa juga dimanfaatkan untuk pencegahan kebakaran hutan. Tito lantas mencontohkan, Awak Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang merupakan Badan Servis Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan.

“BPDPKS ini di bawah Kemenkeu, tujuannya dasar untuk melakukan peremajaan, dan kemudian pencegahan deforestasi karena pembukaan kelapa sawit sekaligus juga untuk memajukan agar iklim kelapa sawit kita berkembang optimal termasuk perluasan lahannya, ” pungkasnya.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Walau No 1 Dunia Tumbang, Jepang ke Final secara Sikat Malaysia 3-1

fallback-image

Liriknya Dijadikan Lawakan, Pencipta Lagu Harta Berharga Geram

fallback-image

Jalani Operasi Bentall, Chef Haryo dan Istri Baca Ciri Nabi Ayub

fallback-image

Varian Covid-19 Masih jadi Gertakan, 3 Prokes Ini Wajib Dipatuhi