Luhut Instruksikan PUPR Tuntaskan Jalur Lin Selatan Banyuwangi

Luhut Instruksikan PUPR Tuntaskan Jalur Lin Selatan Banyuwangi

JawaPos. com –Menteri Koordinator Dunia Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa pembangunan urat lintas selatan (JLS) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang menghubungkan secara Jember segera dituntaskan Kementerian PUPR.

”Terkait JLS, aku sudah instruksikan Kementerian PUPR buat segera melanjutkan. Dirjen Cipta Susunan pekan ini juga akan hadir ke Banyuwangi untuk membahas bertambah lanjut, ” kata Luhut semacam dilansir dari Jarang saat rapat penyelarasan secara virtual terkait dengan perluasan Banyuwangi pada Selasa (4/8).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  dalam rapat koordinasi itu mengirimkan, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dijadwalkan akan datang ke Banyuwangi dalam tiga hari ke ajaran. ”Saya mengutus Direktur Cipta Susunan ke Banyuwangi untuk menginventarisasi program-program apa yang dibutuhkan Banyuwangi supaya bisa kami bantu. Kamis (6/8) atau Jumat (7/8), tim kami ke Banyuwangi, ” kata Basuki.

Sejauh ini, introduksi dia, pembangunan jalur lintas daksina yang menghubungkan Banyuwangi–Jember belum semuanya rampung, dan JLS yang belum terbangun sekitar 20 kilometer.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas optimistis pembangunan JLS bakal mempercepat pergerakan ekonomi wilayah daksina. ”Akan ada denyut ekonomi hangat dengan JLS ini. Ada penuh peluang pariwisata dan pertanian yang terbuka. Tentu ini juga membakar pemulihan ekonomi setelah terpukul karena pandemi  Covid-19, ” kata Abdullah Azwar Anas.

Di rakor virtual itu, Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan akan menyerahkan dukungan pada pengembangan kegiatan wisata olahraga yang banyak digelar Banyuwangi. Salah satunya akan membantu pengamalan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI).

”Berkat hasil yang diraih Banyuwangi, pemerintah pusat menyiapkan Rp 30 miliar untuk membantu penyelenggaraan Tour de Banyuwangi Ijen tahun berikutnya. Saya sudah banyak mendengar tentang kesuksesan Tour de Banyuwangi Ijen. Karena itu, kami siapkan bantuan Rp 30 miliar dari APBN, termasuk buat membantu pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan, ” kata Luhut.

Ajang ITdBI yang sudah digelar sejak 2012 di Banyuwangi itu, dinilai Luhut mampu mendongkrak pariwisata dan membuat jalan-jalan dibangun sepanjang 600 kilometer, ratusan pembalap luar negeri berpacu, termasuk menyusuri jalan menuju kaki Gunung Ijen. Tahun ini, ajang ITdBI invalid digelar karena masa pandemi Covid-19, kemungkinan akan kembali digelar tarikh depan atau mengikuti perkembangan pandemi.

Saksikan gambar menarik berikut ini:

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

IJTI Wajib Menjadi Penjaga Terdepan Kemerdekaan Pers

fallback-image

8 Persen Anggaran Desa Dimanfaatkan untuk Beli Alat Pendeteksi Dini

fallback-image

4 Lansia Ini Mengejar Tumpuan Usai Rumahnya Terbakar

fallback-image

Sayonara, Giant Resmi Gulung Tikar, Kemenaker Turun Tangan