Demo Masih Berlanjut, Dekrit Darurat Telah Dicabut

Demo Masih Berlanjut, Dekrit Darurat Telah Dicabut

JawaPos. com – Demo di Thailand belum surut. Namun, Perdana Menteri (PM) Thailand Prayuth Chan-o-cha memilih untuk mencabut dekrit kritis yang diterapkan sejak Kamis (15/10). Pemerintah Thailand mengklaim bahwa kecendekiaan yang melarang berkumpul lebih lantaran 5 orang itu dihentikan. Pokok, situasi saat ini sudah membaik.

”Status darurat sudah menurun dan berakhir menjadi status di mana pejabat pemerintah dan lembaga negara bisa menegakkan lembaga seperti biasa, ” bunyi maklumat dari pemerintah Thailand kemarin (22/10) seperti dikutip Agence France-Presse.

Prayuth sudah mengindikasikan bakal mencabut kebijakan tersebut Rabu (21/10) saat tampil di salah kepala saluran televisi. Menurut dia, itu adalah bagian dari langkah buat meredakan ketegangan. Penegak hukum tidak mungkin menangkap ribuan orang & memenjarakan mereka karena melanggar dekrit. Hanya beberapa diantara kita, yakni pentolan pencetus yang akhirnya ditahan.

Dekrit itu memang membuat citra Prayuth dan pemerintah kian buruk. Terlebih, penggunaan water cannon dalam demonstran yang tak bersenjata menjelma sorotan seantero negeri. Prayuth rencananya menggelar sidang parlemen luar umum Senin (26/10) untuk mendiskusikan krisis yang terjadi saat ini.

Aksi protes masih terjadi di beberapa titik kemarin biar jumlahnya tidak sebanyak sehari sebelumnya. Salah satu organisasi, Free Youth, memaparkan bahwa pencabutan dekrit tak berarti apa-apa. Sebab, pemerintah belum merespons tuntutan pro demokrasi. Tiba pembubaran pemerintahan, turunnya Prayuth sebagai PM, hingga reformasi kerajaan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Walau No 1 Dunia Tumbang, Jepang ke Final secara Sikat Malaysia 3-1

fallback-image

Liriknya Dijadikan Lawakan, Pencipta Lagu Harta Berharga Geram

fallback-image

Jalani Operasi Bentall, Chef Haryo dan Istri Baca Ciri Nabi Ayub

fallback-image

Varian Covid-19 Masih jadi Gertakan, 3 Prokes Ini Wajib Dipatuhi