Bendung Dampak Pandemi, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui Pelaku UMKM

Bendung Dampak Pandemi, Ini 5 Hal yang Wajib Diketahui Pelaku UMKM

JawaPos.com – Badai masalah ekonomi akibat Covid-19 menghantam para pelaku usaha di Tanah Air, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Supaya bisa bertahan di masa pandemi, pelaku UMKM harus mulai beradaptasi untuk mendigitalisasi bisnis mereka.

Digitalisasi bisnis bukan hanya memanfaatkan pasar daring maupun adaptasi dari segi pembayaran, tapi juga cara berkomunikasi dengan pegawai yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas.

Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, VP Lark Commercial Asia Joey Lim berpendapat bahwa dengan membiasakan diri memanfaatkan platform komunikasi yang terintegrasi, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat dengan meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai.

“Para pelaku usaha UMKM harus bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka. Teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu kita untuk bisa tetap melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dari segi waktu dan cost,” katanya dalam siaran pers yang diterima JawaPos.com.

Joey menuturkan, ada lima hal manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas di tengah masa sulit:

1. Selalu terhubung dengan tim

Komunikasi yang dibangun secara terus menerus akan mempererat hubungan antar pegawai. Dengan interaksi fisik yang dibatasi seperti saat ini, fitur messenger atau chat menjadisangat penting. Fitur messenger Lark di-desain sedemikian rupa untuk memaksimalkan komunikasi antar anggota dalam grup.

2. Koordinasi tatap muka lewat perangkat teknologi

Saat ini, kebanyakan pelaku bisnis sudah mulai beradapatasi dengan menggunakan video call sebagai pengganti dari pertemuan fisik. Diskusi soal pekerjaan bisa dilaksanakan tanpa batas dan bisa tetap berkomunikasi dengan lancar.

3. Siapkan rencana dan strategi pemasaran bersama

Pelaku UMKM juga diharapkan memiliki strategi bisnis, baik itu pemasaran, penjualan, atau konsep untuk produk baru yang berkelanjutan untuk memastikan bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar.

4. Manfaatkan fitur kalender

Disiplin soal waktu menjadi salah satu kebiasaan penting yang perlu dimiliki oleh setiap pengusaha. Agar tiap goal bisa tercapai tepat waktu, fitur kalender bisa berfungsi sebagai reminder. Anda bisa dengan udah menentukan waktu deadline baik untuk diri sendiri maupun tim. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk memastikan pekerjaan tidak ada yang terlewat.

5. Sinkronisasikan e-mail dengan mudah

Asosiasi Pengguna Jasa Internet tahun 2016 menyebutkan setidaknya ada 100 juta pengguna email di Indonesia. Hal ini menunjukkan surat elektronik masih menjadi komponen penting dalam komunikasi profesional.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Pertikaian dengan Kelompok Separatis Mengejawantahkan Stagnasi di Papua

fallback-image

Pemkot Surabaya Larang Tradisi Takbir Keliling dan Open House

fallback-image

Polemik Alih Status Pegawai KPK Jadi ASN, Perkom Lampaui Undang-Undang

fallback-image

Hobi Baking Kue, Intip Selera BCL Saat Kirim Hampers Lebaran