Atasi Permukiman Kumuh, Warga Sungai Deli Tawarkan Kampung Deret

Atasi Permukiman Kumuh, Warga Sungai Deli Tawarkan Kampung Deret

JawaPos. com – Warga di sepanjang kawasan Sungai Deli, Kota Medan, menyadari tempat tinggalnya tidak jauh dari permukiman kumuh. Meski begitu, mereka tangan dipindah ke tempat lain. Masyarakat setempat pemerintah kota (pemkot) Medan untuk menata dengan membangun kampung deret.

Relawan Publik Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) Desi Haryanti Sitepu mengutarakan, warga sekitar Sungai Deli mau keluar dari persoalan klasik menyatu kesejahteraan dan lingkungan kumuh.

Desi menegaskan, masyarakat di sepanjang Sungai Deli rela memasukkan arahan pemerintah terkait penataan tanah air, jika solusinya berkeadilan.

“Apabila mau menggusur masyarakat, sediakan lahan yang layak dan merancang segi sosial ekonomi, ” ujar dia dalam keterangan persnya, Minggu (19/7). Jika dilakukan penggusuran, tanah eks kawasan permukiman itu harus jelas peruntukannya. Seperti untuk tempat terbuka hijau, bukan menjadi bangunan komersial.

Dia meminta pemerintah kota (Pemkot) Medan untuk membuat pembangunan yang terintegritasi dan berkesinambungan. Artinya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan harus terpadu, terintegritasi dan berkesinambungan. Semuanya dilakukan dari hulu sampai ke mulut dengan melibatkan seluruh pemangku hajat.

Salah satu solusi berkeadilan yang ditawarkan warga Kali Deli adalah memanfaatkan lahan yang tersisa di sempadan sungai menjadi ruang terbuka hijau untuk hajat publik. Lakukan juga pembersihan kotor secara berkala di badan kali.

“Agar permukiman sekitar Sungai Deli tidak kumuh serta layak huni, pemerintah bisa memproduksi kampung deret dengan konsep stan di bantaran sungai, ” tuturnya.

Kampung deret itu merupakan konsep rumah susun. Namun, lebih memikirkan aspek ekologi. Hunian pun di desain seperti panggung untuk terhindar dari banjir.

Agar dapat terlaksana, dibutuhkan keberanian dan ketegasan dalam melestarikan kelestariannya. Sehingga, Sungai Deli bisa kembali bermanfaat besar bagi klub Kota Medan.

Situasi di sekitar Sungai Deli dipandang langsung oleh Bobby Nasution. Apalagi suami Kahiyang Ayu itu menyelenggarakan penyusuran sungai. Dia menyebut, pada waktu dekat mertuanya, Presiden Joko Widodo mengagendakan penyusuran Sungai Deli dengan rute yang lebih panjang.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Tekan Risiko Banjir Jakarta, PUPR Bangun Stasiun Pompa Ancol Sentiong

fallback-image

Geledah Rumah Azis Syamsuddin, KPK Kembali Amankan Sejumlah Tanda

fallback-image

Gagal Penuhi Suplai Oksigen Pasien Korona, Pejabat India Bakal Dihukum

fallback-image

Pertukaran Blok Rokan, Legislator Riau Soroti Pasokan Listrik