Alvin Lie Sebut Kuota Gratis Lengah Sasaran, Kemendikbud Bantah Tegas

Alvin Lie Sebut Kuota Gratis Lengah Sasaran, Kemendikbud Bantah Tegas

JawaPos. com – Anggota Ombudsman RI Alvin Lie mengaku bingung atas pembagian subsidi kuota Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) terhadap dirinya. Pasalnya, dirinya bukan tenaga pendidik yang berhak mendapat bantuan kuota, dia pun mengatakan penyaluran subsidi itu kacau.

Hal itu pun direspons oleh Pelaksana Suruhan (Plt) Kepala Pusat Data serta Informasi (Kapusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie. Ia mengatakan bahwa Alvin Lie berhak mendapatkan kuota gratis itu karena merupakan mahasiswa aktif.

“Berdasarkan data, Pak Alvin Lie terdaftar sebagai mahasiswa posisi aktif program S3 Universitas Dipenogoro dan terdaftar dalam aplikasi PDDikti sehingga benar beliau termasuk penerima bantuan kuota data internet. Serta kami mendapatkan data nomor HP tersebut dari data yang diusulkan oleh kampus, ” ungkap tempat kepada wartawan, Rabu (23/9).

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, penyaluran bantuan kuota masukan internet diberikan kepada peserta asuh pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah, mahasiswa. Kemudian, pendidik pada pendidikan bani usia dini, pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta dosen.

“Bantuan kuota data internet ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan aspirasi klub terkait tantangan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19, untuk membantu seluruh peserta didik beserta para pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19, ” tambahnya.

Sebelumnya, Alvin Lie mengaku kaget bahwa dirinya mendapatkan SMS buat bantuan kuota gratis. Di mana pemberitahuan bantuan tersebut ia terima pada tengah malam.

“Program bantuan kuota internet berantakan. Nomer HP saya pun mampu jatah bantuan kuota. SMS menyelundup dini hari jam 01. 19 WIB. Subsidi kan seharusnya hanya untuk warga yang tidak berharta secara ekonomi, ” kata tempat.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

IJTI Wajib Menjadi Penjaga Terdepan Kemerdekaan Pers

fallback-image

8 Persen Anggaran Desa Dimanfaatkan untuk Beli Alat Pendeteksi Dini

fallback-image

4 Lansia Ini Mengejar Tumpuan Usai Rumahnya Terbakar

fallback-image

Sayonara, Giant Resmi Gulung Tikar, Kemenaker Turun Tangan