300 Kg Sabu Jaringan Malaysia Diamankan di Kalsel

300 Kg Sabu Jaringan Malaysia Diamankan di Kalsel

JawaPos. com – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Satgassus Merah Putih Polri berhasil mengungkap kasus narkoba dalam skala mulia. Total ada 300 kilogram sabu yang berhasil disita di salah satu hotel di Jalan Sutoyo S, Banjarmasin, pada Kamis (6/8) pagi.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, barang haram itu diamankan di dalam mobil Toyota Innova warna hitam dengan nomor polisi KT 1668 GC yang ditumpangi dua karakter. Barang itu diduga berasal sejak jaringan Malaysia.

“Ini masih satu jaringan dengan pengungkapan 208 kilogram sabu-sabu dan 53. 969 butir ekstasi yang diungkap 11 Maret 2020 lalu, ” ujar Nico.

Masa diamankan, barang bukti terbungkus pada dalam 10 karung. Sabu disamarkan dalam bungkus yeh Tiongkok tanda Guanyinwang warna hijau.

“Satu karung ini kisaran beratnya 20 kilogram, jadi kalau 10 keranjang lebih kurang 200 kilogram. Namun untuk pastinya nanti kita kerjakan penimbangan lagi di kantor, ” jelas Nico.

Mantan Dirtipidum Bareskrim Polri itu menerangkan, pengungkapan ini berdasarkan tim gabungan yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Tim dibuat setelah adanya pengungkapan narkoba 208 kilogram pada Marey 2020.

Semasa lebih kurang satu bulan terakhir, polisi melakukan penyelidikan untuk menjumpai rencana masuknya sabu tersebut ke Kalimantan Selatan. Kemudian berhasil didapat rute dari Malaysia dengan rute perbatasan antar negara di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

“4 Agustus barang tersebut masuk di Kalimantan Utara dan kami amankan dua orang pembawanya. Hasil pengakuan tersangka, sabu-sabu dibawa ke Banjarmasin. Kemudian hari ini ditangkap lagi dua orang pada Banjarmasin sebagai penerimanya, ” membuka Nico.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Walau No 1 Dunia Tumbang, Jepang ke Final secara Sikat Malaysia 3-1

fallback-image

Liriknya Dijadikan Lawakan, Pencipta Lagu Harta Berharga Geram

fallback-image

Jalani Operasi Bentall, Chef Haryo dan Istri Baca Ciri Nabi Ayub

fallback-image

Varian Covid-19 Masih jadi Gertakan, 3 Prokes Ini Wajib Dipatuhi