15, 7 Juta Pekerja Dapat Tambahan Gaji dari Negara, Lainnya Bagaimana?

15, 7 Juta Pekerja Dapat Tambahan Gaji dari Negara, Lainnya Bagaimana?

JawaPos. com – Pemerintah menargetkan 15, 7 juta pegawai swasta bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan mendapat bantuan bunga gaji sebesar Rp 600 seperseribu per bulan, selama empat kamar. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, sasaran program bukan hanya pegawai formal, melainkan juga pada sektor informal.

Syaratnya, pekerja bersangkutan telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Perusahaannya tak selalu sektor formal pun bisa mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Ini yang perlu terus kita edukasi ke masyarakat dunia usaha bahwa mereka mendaftarkan tenaga kerjanya merupakan (berdampak) positif, ” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (10/8).

Sri Mulyani menambahkan, penyaluran bantuan gaji akan bertambah mudah karena nama dan alamatnya sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Sri Mulyani mengakui, jumlah sasaran program ini masih jauh dari ideal.

Maka dibanding itu, dia berharap pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan namun belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, sudah ter-cover bantuan lain. Misalnya, Kalender Keluarga Harapan, bantuan sembako, & BLT dana desa.

“Kita berharap yang sekarang telah diberikan melalui bansos yaitu PKH, sembako, dana desa itu seluruh sudah men-cover karena jumlah benefitnya sama Rp 600 ribu kali 4, ” jelasnya.

Sri Mulyani juga berharap, data personel yang tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah masuk di dalam DTKS yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Saat ini, sudah ada sekitar 208 ribu bon terverifikasi milik pegawai swasta bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Patrick Stewart

Related Posts

fallback-image

Tekan Risiko Banjir Jakarta, PUPR Bangun Stasiun Pompa Ancol Sentiong

fallback-image

Geledah Rumah Azis Syamsuddin, KPK Kembali Amankan Sejumlah Tanda

fallback-image

Gagal Penuhi Suplai Oksigen Pasien Korona, Pejabat India Bakal Dihukum

fallback-image

Pertukaran Blok Rokan, Legislator Riau Soroti Pasokan Listrik